Marketing atau pemasaran
merupakan proses yang digunakan guna menentukan produk atau jasa menjadi lebih
menarik bagi pelanggan dengan menggunakan strategi penjualan, komunikasi serta
pengembangan bisnis. Begitupula dalam sebuah bisnis dibidang kuliner dan
restoran dimana strategi pemasaran menjadi bagian yang tidak terpisahkan dari
kesuksesan sebuah usaha yang dijalankan. Nah, ketika menjalankan pemasaran
untuk sebuah restoran. Beberapa aspek dibawah ini perlu diusahakan dengan kuat
agar dapat meningkatkan penjualan pada bisnis yang anda jalankan. Di era
digital seperti ini, kehadiran tekhnologi memang tidak dapat dipungkiri membawa
pengaruh yang amat besar dalam kehidupan manusia. Oleh karenanya, mau tidak mau
kita harus memanfaatkan kesempatan ini dengan baik. Karena sebagaimana seorang
pedagang yang harus mencari tempat dimana banyak orang berkumpul maka disanalah
usaha akan berpeluang besar untuk bisa berhasil.
Sayangnya, branding dari
sebuah restoran pun tak mudah dan tidak hanya cukup untuk melakukan promosi
diberbagai media saja. Hal ini dikarenakan, nama restoran yang baik harus
dimulai dengan membangun reputasi sehingga membuah relasi dan mampu dikenal
oleh masyarakat luas. Jadi demikian, perhatikan dengan baik dan mulai bangun
citra restoran anda dengan memperhatikan konsep restoran, target pengunjung,
menu yang akan disajikan sesuai dengan konsep, harga yang ditawarkan,
pengelolaan media sosial, lokasi restoran dan keunikan apa yang dimiliki oleh
restoran anda. Keunikan merupakan ciri khas yang bisa anda hadirkan untuk para
pelanggan anda. Sehingga para pelanggan meski baru pertama kali datang ke
restoran anda namun akan sulit menghilangkan kesan yang tercipta. Sehingga
membuat para masyarakat ingin kembali lagi ke restoran anda.
Hampir sebagian besar orang
menggunakan sosial media dan banyak dari mereka adalah pengguna aktif. Survey
membuktikan bahwa kecenderungan masyarakat milenial dalam melihat dan
menyaksikan apa yang sedang trend di halaman depan akun media sosialnya,
umumnya menarik minat mereka untuk mendapatkan hal yang sama. Itulah mengapa
promosi dengan menggunakan sosial media menjadi langkah penting yang perlu
diperhatikan dengan baik. Selain mudah tentunya, biaya promosi yang dikeluarkan
pun lebih terjangkau. Setidaknya anda perlu melakukan analisa menu 6 bulan
sekali. Hal ini penting dilakukan guna menjaga menu makanan yang anda sajikan
tetap menarik bagi pelanggan atau tidak. Selain itu sangat penting bagi anda
untuk menghadirkan berbagai inovasi menu baru, sehingga para pelanggan tidak
akan bosan dan terus menjadi penasaran untuk kembali lagi ke restoran anda. Hal
tersebut juga bisa dilakukan untuk meningkatkan omset anda. Sebaiknya anda juga
mengikuti perkembangan zaman. Pasalnya anda harus mengetahui jenis makanan apa
yang sedang di sukai oleh kalangan masyarakat pada umumnya. Dengan begitu anda
bisa lebih mudah lagi dalam hal memantau pasaran.
Lewat cara ini anda akan
dapat menentukan menu mana yang perlu diganti dan menu mana yang perlu untuk
anda pertahankan. Sebagai catatan penting, perlu diketahui bahwa pelanggan akan
lebih senang dengan menu yang inovatif dan baru. Jadi demikian, jangan lewatkan
untuk menghadirkan menu yang baru untuk menarik pengunjung lebih banyak. Tidak
ada cara lebih baik dari sebuah promosi dibandingkan dari perkataan teman
sendiri. Nah, testimoni yang didapatkan dari pelanggan akan tentu bisa anda
manfaatkan sebagai strategi marketing untuk meningkatkan penjualan di restoran.
Upayakan cara apa saja untuk bisa mendapatkan keuntungan yang satu ini. Entah
itu dari menghidangkan makanan dan meraciknya dengan sangat lezat sehingga
pelanggan puas kemudian mereka bisa mengajak teman dan saudaranya. Atau mungkin
anda bisa melakukan promosi dengan memberikan diskon untuk mereka yang mengajak
teman-temannya ke restoran anda.